Waring Sayur (Karung Waring)

Jual waring sayur, waring sayur, karung waring, karung jaring untuk sayuran & buah. Tersedia waring sayur warna merah & kuning dengan berbagai ukuran


Untuk pemesanan produk hubungi kami:
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepat Besar

Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepat Besar - Hallo sahabat Jual Waring Sayur, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepat Besar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jual waring ikan di surabaya, Artikel jual waring ikan meteran, Artikel pabrik waring sayur bandung, Artikel Waring Ikan, Artikel Waring Sayur, Artikel waring sayur bandung, Artikel waring sayur jakarta, Artikel waring sayur karung jaring, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepat Besar
link : Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepat Besar

Baca juga


Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepat Besar


jual waring putih,jual waring rk,jual waring sayur,jual waring semarang,jual waring sidoarjo,jual waring surabaya,jual waring tanaman,jual waring tangerang,jual waring waffle,jual waring waffle maker
Budidaya Ikan Gurame
    Halo Sobat Tani, Salam sejahtera. Pada artikel kali ini kita akan memberikan tips budidaya ikan gurame di kolam tembok agar cepat besar. Ikan Gurami (Osphronemus goramy) adalah sejenis ikan air tawar yang populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di samping itu, di negara-negara lainnya gurami juga sering dipelihara dalam akuarium. Nah sebelum memulai budidayanya ada yang harus disiapkan dulu sobat. Seperti Berikut :

1. Menyediakan Lahan dan Kontruksi Kolam
Jenis tempat budidaya gerame pada umumnya berupa kolam tembok atau semen, kolam tanah, dan kolam terpal serta dapat juga menggunakan keramba jaring apung untuk alternatif sampingan.

Jika terdapat lokasi yang lebar, sobat bisa sediakan ukuran 5 m x 10 m ideal untuk budidaya. Setelah penggalian, biarkan dulu selama 3 hari, yang bertujuan mikroorganisme dapat mati dulu. Kemudian lakukan penggemburan tanah pada permukaan tanah agar amonia dapat hilang.

Sediakan juga jenis kapur dolomit yang dapat sobat tebar secara merata di atas permukaan kolam, hal ini untuk menyeimbangkan pH tanah serta menghilangkan mikroorganisme. Jika asam tanah tinggi, semakin banyak kapur yang harus disediakan.


Pemupukan Tanah
Pupuk yang baik dan sering digunakan para petani budidaya ikan berupa pupuk organik dan campuran urea serta TSP. Manfaat pemupukan agar membentuk makanan alami gurame terbaik seperti kutu air dan plankton.

Pengisian Air Kolam Tembok Budidaya Gurame
Pertama kali isilah air 50% dulu di atas pupuk organik tadi, kemudian biarkan lagi selama 2 - 3 hari, yang bertujuan agar plankton, lumut, kutu airnya tumbuh subur, serta air dapat berwarna hijau. Setelah kira-kira 1 minggu, benih bisa ditebar secara pelan-pelan.

Setelah dirasa sudah beres, lanjutkan dengan menambahkan air hingga ketinggian 80 cm. Hal ini karena dalam budidaya ikan gurame, alangkah baiknya selalu menjaga dan merawat keadaan air agar bersih, sekalipun itu di kolam terpal.

Untuk penggantian air bisa sobat lakukan setiap 1 - 2 minggu sekali, tergantung keadaan air tersebut. Penggantian air yang efektif dapat diganti 30% persen saja, agar air budidaya tetap terjaga.

Setelah Menyiapkan kolam untuk budidayanya, Sekarang kita lanjut ke tahap cara budidayanya.

*Baca Juga Artikel Berikut :  Cara Tepat & Mudah Budidaya Ikan Gabus

Budidaya Ikan Gurame

A. Penebaran Bibit
Sebelum bibit dimasukkan dalam kolam tembok, sediakan dulu wadah ember atau bak dan isi dengan air kolam, kemudian biarkan selama 30 menitan. Hal ini supaya bibit gurame dapat menyesuaikan dengan lingkungan barunya. Cara pembenihan ikan gurame yang baik untuk ukuran yang ideal dibudidaya biasanya 5 - 7 cm, lalu dengan pelan-pelan gurame bisa di masukkan dalam kolam budidaya.

B. Makanan Ikan Gurame Yang Baik Buat Pertumbuhannya
Jika masih kecil gurame merupakan jenis ikan herbivora (pemakan tumbuhan) seperti kutu air (dhapina) dan cacing sutera karena ini merupakan makanan yang baik ikan gurame, dan akan berubah menjadi hewan karnivora jika sudah besar. Untuk makanan yang baik buat pertumbuhan gurame pada umumnya jenis pelet yang mengandung banyak gizi dan nutrisi. Selain itu sediakan juga dedaunan sebagai makanan alternatif ikan gurame ini. Yang perlu diingat, jangan sampai memberikan pakan dalam kadar jumlah terlalu banyak, karena air akan mudah kotor dan bakteri penyakit mudah menyerang.

Berikut kumpulan beberapa makanan budidaya ikan gurame di kolam tembok berupa dedaunan :
   a.) Daun pepaya
   b.)Daun kangkung
   c.)Daun Singkong
   d.)Daun talas
   e.)Daun ubi jalar
    Serta jenis tauge seperti: Tauge kacang tanah, tauge kacang hijau, tauge bibit padi.
    Pakan buatan sebagai alternatif terbaik buat pertumbuhan ikan gurame seperti: Ampas tahu, jagung, dan dedak. Cara membuat pakan alami buatan ini cukup direbus kemudian potong kecil-kecil sesuai ukuran mulut gurame, bisa juga dicincang. Untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik serta agar cepat besar, berilah makanan secara teratur. Jangan sampai berlebihan melebihi kebutuhan gurame, karena akan memicu datangnya penyakit serta jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas air.

*Jangan Lupa Baca Juga :  Cara Tepat Budidaya Belut

C. Cara Merawat Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Tembok
Cara merawat ikan gurame tak jauh beda dengan cara merawat semua jenis ikan dalam budidaya lainnya. Yang paling penting Anda selalu mengontrol volume air, suhu dan pH, pada malam hari jangan memberi penerang terlalu terang. Halnya senter atau yang lain yang dapat memicu ikan menjadi stress.

D. Masa Panen Budidaya Ikan Gurame
Sebelum panen usahakan untuk melihat dulu kebutuhan pasar. Bedakan jenis ukuran yang kecil dan besar, karena akan mempunyai harga yang berbeda. Cara memanen budidaya gurame di kolam tembok bisa dilakukan pengeringan, jaring, penyutiran, dan pemberian obat sekali mati.

Demikian sobat sedikit berbagi tips tentang cara budidaya ikan gurame di kolam tembok agar cepat besar ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan kita pada jenjang perawatan semua jenis ikan berikutnya.





Demikianlah Artikel Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepat Besar

Sekianlah artikel Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepat Besar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepat Besar dengan alamat link https://waringsayur77.blogspot.com/2017/06/budidaya-ikan-gurame-di-kolam-tembok.html

0 Response to " Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepat Besar"

Posting Komentar