Waring Sayur (Karung Waring)

Jual waring sayur, waring sayur, karung waring, karung jaring untuk sayuran & buah. Tersedia waring sayur warna merah & kuning dengan berbagai ukuran


Untuk pemesanan produk hubungi kami:
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Beginilah Tips Dan Teknik Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Hasil Melimpah

Beginilah Tips Dan Teknik Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Hasil Melimpah - Hallo sahabat Jual Waring Sayur, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Beginilah Tips Dan Teknik Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Hasil Melimpah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel harga waring pertanian, Artikel harga waring putih, Artikel harga waring rk, Artikel harga waring sayur, Artikel harga waring sayur bandungharga waring bandung, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Beginilah Tips Dan Teknik Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Hasil Melimpah
link : Beginilah Tips Dan Teknik Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Hasil Melimpah

Baca juga


Beginilah Tips Dan Teknik Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Hasil Melimpah

harga waring cap jangkar,harga waring di palembang,harga waring di surabaya,harga waring eceran,harga waring greenhouse,harga waring hijau,harga waring hitam,harga waring hitam per meter,harga waring jaring,harga waring kolam
Budidaya Ikan Patin


Ikan Patin ialah salah satu jenis ikan yang bernilai ekonomis serta disukai oleh masyarakat Indonesia, terbukti dari banyaknya olahan ikan patin yang ada,mulai dari sayur sup ikan patin, gulai ikan patin, sampai abon yang terbuat dari daging ikan patin.

Tips untuk Budidaya Ikan Patin

Dalam membudidayakan ikan Patin diperlukan beberapa persyaratan serta kondisi lingkungan yang optimal bagi pertumbuhan serta perkembangannya antara lain:

  • Tanah yang cocok untuk kolam pemeliharaan serta budidaya ikan patin ialah jenis tanah liat/lempung, tidak berporos. Jenis tanah tersebut dapat menahan massa air yang besar serta tidak bocor sehingga dapat dibuat pematang/dinding kolam.
  • Untuk Kemiringan tanah yang ideal untuk pembuatan kolam berkisar antara 3-5% agar memudahkan pengairan kolam secara gravitasi.
  • Apabila pembesaran patin dilakukan dengan jala apung yang dipasang disungai maka lokasi yang tepat yaitu sungai yang berarus lambat.
  • karakteristik air untuk pembudidayaan ikan patin mesti bersih, tidak amat keruh serta tidak tercemar oleh bahan kimia beracun, serta limbah pabrik/industri.
  • Suhu air yang cocok pada saat penetasan telur menjadi larva di akuarium ialah berkisar 26–28 derajat C.
  • PH air berkisar antara: 6,5–7.
Teknik Budidaya Ikan Patin

-Pembibitan Ikan Patin
Pembibitan ikan patin yakni usaha untuk mendapatkan bibit dengan kualitas yang baik serta jumlah yang mencukupi permintaan. Cara Tradisional bibit ikan Patin diperoleh dengan menangkap dari habitat aslinya yaitu sungai, rawa, danau serta tempat-tempat lain.
*Baca Juga : 9 Langkah Paling Jitu Mengusir Dan Membasmi Kutu Beras Dengan Sangat Mudah

-Pemeliharaan serta Pembesaran
Pemeliharaan Pembesaran ditujukan untuk pemenuhan pemesanan Ikan Patin konsumsi. Ikan Patin dikonsumsi dalam berbagai ukuran, antara lain 200 gram sampai 1 kg. Masa panen menyesuaikan dengan permintaan pasar. Ada sebagian yang lebih menyukai ukuran kecil sekitar 200 gram serta ada yang senang lebih dari itu. Pada Usia 6 bulan ikan patin sudah mencapai bobot 600-700 gram.Ikan Patin akan tumbuh lebih baik di kolam lumpur dengan aliran air yang mengalir cukup baik, meski demikian bisa juga dipelihara pada kolam semen yang tidak mengalir, tetapi perlu diperhatikan kualitas air agar tetap dalam konsisi yang baik.Berikut langkah-langkah pemeliharaan Ikan Patin antara lain:

1. Pemupukan

Pada kolam lumpur idealnya perlu dilakukan pemupukan sebelum ikan patin ditebarkan. Pemupukan kolam bertujuan untuk meningkatkan makanan alami serta produktivitas kolam, yaitu dengan cara merangsang pertumbuhan makanan alami sebanyak-banyaknya.


2. Pemberian Pakan

  • Faktor yang cukup menentukan dalam budidaya ikan patin ialah faktor pemberian makanan. Faktor makanan yang berpengaruh terhadap keberhasilan budidaya ikan patin ialah dari aspek kandungan gizinya, jumlah serta frekuensi pemberian makanan.
  • Pemberian makan dilakukan sehari 2 kali yaitu pada pagi serta sore hari.Jumlah makanan yang diberikan per harinya sebesar 3-5% dari jumlah berat badan ikan patin.
  • Jumlah makanan selalu berubah setiap bulan,sehingga harus sesuai dengan kenaikan berat badan 
  • Pakan yang diberikan adalah pelet serta bisa ditambahkan makanan alami lainnya seperti kerang, keong emas,bekicot, dan lain-lain. 


 3. Penanganan Hama serta Penyakit

  • Salah satu hambatan serta masalah budidaya ikan patin ialah hama serta penyakit.  Pada pembesaran ikan patin di jaring terapung serta kolam hama yang mungkin menyerang antara lain lingsang, kura-kura, biawak, ular air, serta burung.
  • Cegah akses masuk hama tersebut ke kolam atau dengan memasang lampu penerangan si sekitar kolam. Hama tersebut biasanya enggan masuk jika ada sinar lampu.
  • Penyakit ikan patin ada yang disebabkan infeksi serta non-infeksi. Penyakit non-infeksi adalah penyakit yang timbul akibat adanya gangguan faktor yang bukan patogen. Penyakit non-infeksi ini tidak menular. Sedangkan penyakit akibat infeksi biasanya timbul karena gangguan organisme patogen
4. Pemanenan Ikan Patin

  • Pemanenan ikan merupakan saat yang paling ditunggu pada budidaya ikan patin. walaupun terlihat biasa tapi pemanenan ikan patin juga harus memperhatikan beberapa faktor agar ikan tidak mengalami kerusakan,kematian, cacat saat dipanen. 
  • Pemasaran Ikan Patin dalam keadaan segar serta hidup lebih disukai oleh konsumen, maka dari itu diusahakan menjual ikan patin dalam keadaan hidup dan masih segar.




Demikianlah Artikel Beginilah Tips Dan Teknik Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Hasil Melimpah

Sekianlah artikel Beginilah Tips Dan Teknik Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Hasil Melimpah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Beginilah Tips Dan Teknik Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Hasil Melimpah dengan alamat link https://waringsayur77.blogspot.com/2017/04/tips-teknik-jitu-budidaya-ikan-patin.html

0 Response to "Beginilah Tips Dan Teknik Jitu Budidaya Ikan Patin Agar Hasil Melimpah"

Posting Komentar